Kiat-Kiat Menggapai Ketenangan Hati

Di tengah-tengah berbagai macam masalah yang mendera bangsa ini, yang berimbas kepada kesulitan hidup. Tentu saja sangat mudah membuat masyarakat menjadi frustasi. Banyak sekali kasus-kasus seperti bunuh diri karena kesulitan mencari nafkah, gantung diri karena tidak naik kelas dan banyak lagi yang lainnya.

Kasus-kasus seperti di atas seharusnya tidak terjadi apabila seseorang mempunyai keyakinan yang teguh kepada Allah. Keyakinan yang teguh kepada Allah akan membawa seseorang kepada ketenangan hati dan pasrah atas segala sesuatu hal yang menimpanya, pasrah kepada sang Empunya jiwa.

Saudaraku, ada empat hal yang apabila kita lakukan dengan istiqomah insya Allah mampu memberikan kita ketenangan hati. Empat hal itu adalah :

  • Dzikrullah. Dzikir kepada Allah adalah kiat untuk menggapai ketenangan jiwa. Ketika kita dalam ketakutan kita berdzikir dalam bentuk ta’awudz (memohon perlindungan Allah), ketika melakukan kesalahan kita istighfar, ketika memperoleh kenikmatan kita mengucap hamdalah, begitulah seterusnya.
  • Yakin akan pertolongan Allah. Sesulit apapun keadaan, seorang muslim harus yakin akan adanya pertolongan Allah, karena dengan keyakinan itu selain memberikan sugesti kepada diri kita sekaligus akan memudahkan turunnya pertolongan Allah.
  • Memperhatikan Bukti Kekuasaan Allah SWT. Kecemasan dan ketidak tenangan jiwa boleh jadi disebabkan karena manusia terlalu merasa yakin dengan kemampuan diri sendiri. Memperhatikan kekuasaan Allah akan memberikan kepercayaan kepada kita bahwa Allah lebih berkuasa dan kita hanyalah sebagian kecil saja dari ciptaan-Nya.
  • Membaca Al Quran. Membaca, mendengar bacaan dan mengkaji Ayat-ayat suci Al-Qur’an membuat hati menjadi tenang.

Oleh karena itu marilah kita menata kembali hati agar kita lebih tahan terhadap terpaan masalah. Sehingga kondisi apapun yang kita hadapi akan terasa nikmat dan semakin meneguhkan keimanan kita.

Semoga Allah selalu memberikan pertolongan kepada kita untuk tetap istiqomah dan memasukan kita kedalam golongan orang-orang yang beruntung. Amien

Iklan

12 Responses to Kiat-Kiat Menggapai Ketenangan Hati

  1. bundadontworry berkata:

    Semoga dgn selalu banyak bersyukur padaNYA, hati kita menjadi tenang,amin.
    salam

  2. huda berkata:

    weh…benar-benar menggugah hati. makasih gab.

  3. fadlizhoners berkata:

    Wah… Nice Artikel! Sangat Bermanfaat…

  4. suka suka berkata:

    makasih info dan tipsnya, blognya keren salam kenal di kunjungan perdana

  5. Fikar berkata:

    that’s right brother….
    lam kenal
    BTW, judulnya “Ketengan” tuh, ga diubah?^^

  6. Zico Alviandri berkata:

    Terima kasih nasihatnya. 🙂

    dzikrullah –> QS 13:28. “…hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

    Memperhatikan kekuasaan Ilahi, bisa mendatangkan optimisme 🙂 http://andaleh.blogsome.com/2010/02/02/perhatikanlah-kekuasaan-ilahi/

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: